--> Blue Fire Pointer

3 Feb 2015

Curug Layung Liburan-liburin

Salam Liburan-liburin! :p

Well, team liburan-liburin bakal bahas tentang objek wisata yang sangat murah meriah sekali. Tempat ini cocok untuk yang hobi hiking sambil menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Objek wisata ini adalah bernama Curug Putri Layung. Tempat ini bisa dilalui melewati Jl. Kolonel Masturi atau Jl. Cihanjuang Cimahi. Curug Putri Layung berada di kaki gunung Tangkuban Perahu arah sebelah barat, di antara dua buah tebing dan rimbunan pohon pinus. Lokasi di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat,  Provinsi Jawa Barat. Untuk yang menggunakan angkutan umum naiklah angkot warna kuning tujuan cisarua dan siapkan ongkos kurang lebih Rp 4.000,- Rp 5.000,- /orang. Turunlah di daerah komando (tinggal bilang ke mamang supirnya).



Team liburan-liburin mau kasih sedikit tips nih buat kalian yang mau hiking kesana untuk pertama kali.

  1. Gunakan lah pakaian yang nyaman (jangan yang terlalu ketat)
  2. Bawa persediaan minum yang cukup untuk naik dan turun (walaupun disana banyak warung)
  3. Parkirkan kendaraan di tempat yang aman (kalo pengen jalan dari bawah banget :D)
  4. Sediakanlah uang Rp. 10.000,- /orang (untuk jaga-jaga karena team liburan-liburin biasa menggunakan jalur yang free :p)


Seperti biasa, team liburan-liburin akan memberikan sedikit gambaran secara visual yang ala kadarnya. :D

Setelah turun dari angkutan umum
(Setelah turun dari angkot, kalian bisa mulai berjalan dari sini)

Wajah tampak belakang
(Gate Komando)

Diperjalanan menuju Curug Layung
(Terus jalan terus masih jauh :D)

(Melewati jalan sempit)

(Brrrrr...)

Bergaya di tempat istirahat pertama
(Begaya dulu dong :D)

(Walaupun mendung kalo indah ya indah..)

Setelah team liburan-liburin beristirahat dan bergaya sebentar, kami melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan. Rencana awal team liburan-liburin yaitu akan hiking ke Gunung Burangrang. Namun untuk menghindari resiko cuaca yang gelap, kami memutuskan untuk hiking di sekitar Curug Layung saja. Bagi yang akan berkunjung kesini, jangan khawatir bila cuaca gelap karena keindahan ciptaan Tuhan tidak akan pudar oleh cuaca apapun ko.. :p

(Pengumuman-pengumuman..)

(Curug Layung)

Akhirnya kami sampai di Curug Layung. Untuk spot ini, dimohon hati-hati karena walaupun terlihatnya arus kecil, tetapi ketika dilewati lumayan juga alias ripuh :D. Tertuju kalian yang membawa teman wanita, mohon diawasi dan dilindungi. Pegangan erat ke tali akan mempermudah kita melewati sungai tersebut. Setelah puas menikmati waktu di Curug Layung, kami melanjutkan perjalanan ke perkebunan teh Sukawarna.

(Menuju perkebunan teh)

(Hampir sampai.. Hampirrrr :D)

Setelah perjalanan yang cukup jauh, team liburan-liburin akhirnya sampai ke perkebunan teh Sukawarna. Udara yang dingin dan seger membuat rasa lelah hilang seketika. Kami sangat menikmati udara dan keindahan alamnya yang begitu nyaman. Mungkin pemandangannya tidak seindah objek-objek wisata yang terkenal, tetapi untuk mengisi waktu liburan, tempat ini worth it banget lah buat yang low budget dan jenuh di rumah. :D

(Horeeee!)

Perkebunan teh di daerah Sukawarna


Demikian gambaran visual yang ala kadarnya dari team liburan-liburin mengenai objek wisata Curug Layung. Kami akan memberikan sedikit tips untuk kalian yang akan berkunjung kesini.


  1. Pakailah pakain yang nyaman, dalam artian pakaian yang mendukung agar kita bebas bergerak. (jangan pake celana jeans ketat dan kameja :p)
  2. Bawa persediaan minuman yang cukup (Kalo perlu makanan buat nyemil :D)
  3. Bawa kamera (dokumentasi coy!)
  4. Perhatikan medan jalan, karena tidak sedikit trek yang membahayakan
  5. Saling mengawasi dan melindungi teman alias saling perhatiin (Cieee hahaha)
  6. Jangan buang sampah sembarangan!


Sekian review team liburan-liburin tentang objek wisata Curug Putri Layung. Mudah-mudahan informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih! Selamat Berlibur! :*

"Mau seneng? ya liburan!, Jenuh? ya liburin!" :)))

1 comment: