--> Blue Fire Pointer

3 Feb 2015

Sam Poo Kong Liburan-liburin

Salam liburan-liburin! :*

Untuk kalian-kalian yang mau pergi ke Semarang, hari ini team liburan-liburin akan me-review beberapa tempat yang wajib kalian kunjungi. Ada banyak tempat yang bisa kalian kunjungi disana, tapi team liburan-liburin cuma bakal review tiga tempat yaitu Klenteng Agung Sam Poo Kong, Lawang Sewu, dan Simpang Lima Semarang.

Yang pertama, team liburan-liburin akan me-review tentang Klenteng Agung Sam Poo Kong atau The Great Temple Sam Poo Kong. Klenteng ini terletak di Daerah Simongan, sebelah barat Semarang. Tempat ini adalah sebuah petilasan, yaitu tempat persinggahan atan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tanda yang menunjukan bekas petilasan yang berciri keislaman dengan ditemukannya tulisan berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Quran". Selain sebagai tempat wisata, Klenteng Agung Sam Poo Kong ini juga dijadikan sebagai tempat ziarah dan ibah orang-orang tionghoa. Well, inilah sedikit mengenai sejarah tentang Klenteng Agung Sam Poo Kong.



Nah untuk rincian biaya, tiket masuk bagi pengunjung lokal yaitu Rp. 3000,- sedangkan bagi pengunjung luar Rp. 15.000,- (harga bisa naik bisa turun kaya bbm :D). Biaya parkir tidak dipatok nominal (tergantung kedermawanan haha). Team liburan-liburin akan memberikan sedikit gambaran visual yang ala kadarnya.

Tampilan gerbang depan Sam Poo Kong
(Gate Sam Poo Kong, tapi maaf ya ada dua makhluk yang memperkeruh suasana :D)


Salah satu patung berada di depan gerbang Sam Poo Kong
(Patung lucu di Gate Sam Poo Kong)

Salah satu wajah gedung di Sam Poo Kong
(Jepret!)

Salah satu tiang ukiran di dalam salah satu bangunan
(Jepret!)

Patung di dalam komplek Sam Poo Kong
(Jepret!)

Wajah bangunan bersejarah
(Gedong Batu)

Tempat ini diberi nama Gedong Batu karena ada yang mengatakan asal mulanya adalah sebuah gua batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Tetapi ada sebagian orang yang mengatakan bahwa sebenarnya asal kata yang benar adalah Kedong Batu, alias tumpukan batu-batu alam yang digunakan untuk membendung aliran sungai.

Patung besar laksamana Zheng He di dalam komlek Sam Poo KOng
(Patung Laksamana Zheng He)

Sekian review dari team liburan-liburin tentang salah satu objek wisata di Semarang yaitu Klenteng Agung Sam Poo Kong. Bagi kalian yang akan pergi ke Semarang, silahkan mampir kesini. Semoga review dari team liburan-liburin bisa memberikan informasi dan referensi yang bermanfaat. Terima Kasih! Selamat berlibur! :* 

"Mau seneng? ya liburan, Jenuh? ya liburin!" :))

No comments:

Post a Comment