--> Blue Fire Pointer

1 Feb 2015

Gunung Papandayan Liburan-liburin

Salam Liburan-liburin!

Untuk hari ini team liburan-liburin akan me-review objek wisata Gunung Papandayan Garut. Tempat ini cocok bagi kalian yang memiliki hobi hiking dan camping. Objek wisata ini pas bagi pemula alias baru pertama mendaki, karena  medan dakian Gunung Papandayan ini tidak terlalu berat. Gunung Papandayan ini terletak di Kabupaten Garut tepatnya di Kecamatan Cisurupan dengan ketinggian 2665 M dpl sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Team liburan-liburin pergi dari Bandung sekitar jam 6 pagi menggunakan sepeda motor (karena jarak Bandung-Garut dekat menurut kami). Perjalanan yang ditempuh sekitar kurang lebih 3 jam sampai kaki gunung, karena di perjalanan santai dan banyak iklannya a.k.a banyak berhenti. :D



Di depan Gedung Sate menuju Garut
(Berhenti di depan Gedung Sate karena ada yang keram tangannya :D)

Setelah sampai di pos 1, kami beristirahat sejenak (karena cape banget kalo naik motor :D) sambil mengurus izin mendaki kepada pihak yang berwenang. Sambil menunggu salah satu team liburan-liburin mengurus izin mendaki, kami mengecek perlengkapan dan ganti baju di toilet umum. Akhirnya perizinan pun beres dan kami pun bersiap-siap. Ketika mengurus perizinan, kita membayar Rp 10.000,- /orang. Kami pun meninggal kan pos 1 dan mulai mendaki. Medan pertama yang team liburan-liburin tempuh adalah trek menanjak menuju kawah Gunung Papandayan yang kanan dan kirinya batu-batu besar.

Pandangan dari bawah ke atas sekitar Kawah Papandayan
(Medan sekitar kawah Gunung Papandayan I)

Pandangan dari atas ke bawah di daerah sekitar Kawah Papandayan
(Medan sekitar kawah Gunung Papandayan II)

Setibanya di ujung kawah kami pun beristirahat sebentar sambil menikmati pamandangan alam yang indah. Dokumentasi pun tidak lupa kami lakukan. :D

Beristirahat di puncak Papandayan
(Beristirahat di ujung kawah)

Bergaya di puncak Kawah Papandayan
(Dokumentasi lagi.. :D)

Sesudah beristirahat dan menikmati pemandangan, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Lawang Angin dan Pertigaan Geberhut. Karena cuaca mulai panas dan trek yang menanjak, sesekali team liburan-liburin berhenti sebentar untuk minum dan mengambil nafas :D. Tidak lama kami pun sampai di pertigaan Geberhut. Di sini kami wajib lapor kepada petugas yang berjaga dan menitipkan identitas serta membayar biaya perawatan seikhlasnya. Sambil menunggu salah satu team liburan-liburin melapor, kami istirihat di mushola serta sholat.

Istirahat di pertigaan Geberhut
(Ibadah dulu bos!)

Akhirnya laporan pun beres, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Pondok Salada sekitar 15 sampai 20 menit dari pertigaan Geberhut. Pondok Salada adalah tempat camp para pendaki. Sesampainya disana kami  langsung mendirikan tenda dan bersantai ria.

Mendirikan tenda di Pondok Salada
(Mendirikan tenda di Pondok Selada)

Bersantai ria sambil makan dan tertawa di tenda
(Santai-santai, masak, makan, ngopi :D)

Waktu tak terasa sudah malam, kami pun beristirahat untuk melakukan pendakian esok. Sekitar pukul 5, kami pun bangun dan bersiap-siap. Tujuan kami hari ini adalah Tegal Alun dan Hutan Mati. Kami membuka trek baru atau tidak menggunakan trek yang biasa para pendaki lalui. Tujuan dari membuka trek baru adalah karena ingin mencari spot paling bagus untuk melihat sunrise. Trek yang kami pilih dan laluipun cukup merepotkan :D.


Pemandangan sunrise dari perjalanan menuju Tegal Alun
(Sunrise!)

Pemandangan indah dari atas
(Cakep!)

Setelah menikmati keindahan sunrise, kami melanjutkan perjalanan menuju Tegal Alun.

Bergaya di perjalanan menuju Tegal Alun
(Dokumentasi dulu :D)

Medan curam di perjalanan
(Ayo kamu siswa! :D)

Pemandangan Pondok Salada dari atas
(Pondok Salada dari ketinggian)

Akhirnya kami sampai di Tegal Alun.


(Tegal Alun Padang Edelweis)

Padang edelweis terluas di Indonesia
(E del weisssss!)

Pemandangan Padang Edelweis
(Hohariiii!)

Kami pun puas bermain serta becanda di Tegal Alun dan melajutkan perjalanan menuju Hutan Mati.

Pemandangan Indah di perjalanan menuju Hutan Mati
(Perjalanan menuju Hutan Mati)

Bergaya di perjalanan menuju Hutan Mati
(Dokumentasi dulu :D)

Dan sampailah kami di tempat tujuan terakhir yaitu "Hutan Mati". 

Bergaya di daerah Hutan Mati
Bergaya di sekitar Hutan Mati
(Hutan Mati)

Petualangan pun selesai dan kembali ke Pondok Salada tempat camp Kami. Itulah kiranya lebih kurangnya gambaran visual yang ala kadarnya dari team liburan-liburin mengenai objek wisata Gunung Papandayan. Kami akan memberikan sedikit tips untuk kalian yang baru pertama kali mendaki.


  1. Harus sehat jasmani dan rohani
  2. Siapkan perlengkapan mendaki yang lengkap
  3. Bawa persediaan makanan yang cukup.
  4. Jagalah lingkungan dengan cara jangan membuang sampah sembarangan dan menebang pohon di sekitar.
  5. Selalu bersama dengan kelompok.

Sekian review objek wisata Gunung Papandayan dari team liburan-liburin. Gunung Papandayan ini sangat indah, jadi luangkanlah waktu untuk mampir kesini. Terima Kasih! Selamat Berlibur! :*

"Mau seneng? ya liburan!, Jenuh? ya liburin!" :)))

No comments:

Post a Comment